Aplikasi Travel Untuk Turis Muslim Yang Harus Di Miliki

           Bagi umat muslim, traveling keliling Indonesia tentu tidak menjadi kendala. Hal itu karena mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim. Para traveler muslim bisa dengan mudah menemukan masjid dan makanan halal. Namun, ini tidak berlaku jika traveler muslim sedang jalan-jalan di negara yang mayoritas penduduknya non-muslim. Banyak pertimbangan para traveler muslim untuk berkunjung ke berbagai negara di dunia. Mereka kerap menemukan masalah saat harus sholat. Tentu tidak mudah menemukan masjid di antara banyaknya kuil maupun gereja. Meski ibadah sholat bisa dilakukan dimana saja, tetap saja mereka membutuhkan petunjuk arah kiblat.         Masalah perut juga sedikit merepotkan. Traveler muslim harus menilik menu yang terpampang dari satu restoran ke restoran lainnya untuk memastikan bahwa restoran tersebut menyajikan makanan halal. Dan beberapa kendala lain di antaranya adalah sulitnya menemukan hotel atau penginapan dan juga restoran halal di negera tujuan. Karena itu, untuk menarik perhatian para turis muslim tersebut, banyak negara sudah melirik pasar produk halal, dengan menyediakan beragam paket wisata, hotel, dan tentu restoran halal. Ada beberapa negara yang sudah memperluas wisata muslim friendly seperti Korea, Jepang dan Singapore.
       Beruntung, kini ada beberapa aplikasi smartphone untuk memudahkan traveler Muslim dalam bepergian, berikut daftarnya:

1. Muslim Pro


Muslim Pro adalah salah satu aplikasi paling komprehensif untuk traveler Muslim. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis, dan mencakup berbagai fitur mulai dari kiblat sampai Al Quran.

Fitur kiblat dalam Muslim Pro memudahkan Kamu untuk menentukan arah salat. Kamu juga bisa mencari restoran halal yang ada di sekitar lokasi Kamu saat ini. Selain restoran, ada pula mesin pencari masjid terdekat.
Sambil menunggu bus atau transit pesawat, Anda bisa sambil membaca Al Quran atau doa-doa. Mulai dari doa naik pesawat, sampai doa masuk kamar mandi/toilet. Ada juga daftar Asmaul Husna, fitur tasbih, dan kalkulator zakat.
Fitur Ramadhan dalam Muslim Pro mencakup waktu imsyak, subuh, dan maghrib serta waktu-waktu salat lima waktu. Kamu juga bisa mengirimkan kartu Ramadan kepada teman atau kerabat.

2. Halalminds


Aplikasi halalminds akan menjadi ulasan pertama kali ini. Aplikasi keren ini murni dibuat oleh anak bangsa bernama Agung Pambudi. Aplikasi ini ia buat ketika melanjutkan studi doktoralnya di kyusu univeristy, Jepang. Aplikasi ini dibuat untuk umat muslim yang sedang traveling ke sebuah negara yang mana muslim menjadi masyarakat minoritas. Sebagai contohnya ketika pergi ke Jepang, Taiwan, Korea, China, Thailand, Eropa bahkan Amerika.
Tentu mereka akan sangat kesulitan untuk menemukan makanan, kosmetik dan obat-obatan halal. Terlebih sebagai umat muslim yang baik, harus patuh terhadap aturan halal. Untuk itu aplikasi ini dibuat, demi memudahkan para traveler untuk mencari makanan, kosmetik dan obat-obatan yang halal saat bepergian. 


Selain menyediakan informasi makanan, kosmetik dan obat-obatan halalhalalminds juga melengkapi fiturnya dengan berbagai macam informasi. Seperti fitur pencari hotel yang halal, qibla direction, halal market, quran  data base dan hadist data base. Tidak perlu khawatir saat bepergian ke daerah yang mana muslim merupakan sebuah masyarakat minoritas. Dengan aplikasi halalminds, tidak perlu takut kelaparan dan bingung kiblat. Walaupun sedang bepergian, tidak akan jauh dari allah karena halalminds juga memiliki quran dan hadist untuk dibaca. Kamu bisa langsung memilikinya dengan mendownload di play store secara gratis. Kamu bisa menggunakan aplikasi ini saat traveling maupun saat merencanalan traveling.

3. HHWT 

Aplikasi yang satu ini berbentuk website yang sangat manis dan berkesan girly. Didominasi oleh warna-warna pastel yang tentunya akan sangat menarik target para remaja dan traveler muda. Tampaknya aplikasi yang satu ini memang dibaut untuk meyediakan kebutuhan lifestyle ala umat muslim. Gaya posting yang begitu fresh and cheers ini sangat cocok untuk target traveler yang memiliki social media mindset. Jadi, jika Kamu adalah seorang travel food, bisa menjadikan aplikasi ini sebagai pedoman berjalan-jalan di luar negeri. Sedangkan negara yang sudah masuk list Have Halal Will Travel ini adalah Dubai, Perancis, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Malaysia, New Zeland, Singapore, Korea Selatan, Sepanyol, Thailand, UK, USA dan Vietnam.    

Dalam aplikasi ini tidak hanya dilengkapi oleh info-info makanan halal saja. Namun, ternyata juga ada travel guide yang berisi tips untuk melakukan traveling. Lengkap, dari muali mengatur itinerary sampai budgeting. Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi dengan berita terbaru tentang tempat tujuan wisata dan inspirasi para traveler yang beragama muslim. Website ini sangat cocok untuk Kamu dalam merencanakan perjalanan.


Jadi jangan lupa untuk cari info tentang makanan halal dan info-info lainnya untuk persiapan traveling dan Nabung!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tempat Fotocopy dan Print di sekitas Binus University

Fasilitas di Binus University